BeritaHeadline

OASE PTKI I se-Indonesia 2021 Resmi Dibuka

Oase.ar-raniry.ac.id, Banda Aceh – Ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) I se-Indonesia Tahun 2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, resmi dibuka di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh pada Kamis (18/11/2021).

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan penabuhan rapai oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof  Dr Suyitno M Ag, serta didampingi oleh Kepala Dinas Syariat Islam Prov. Aceh Dr EMK Alidar M Hum, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Warul Walidin AK MA, dan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Dr Saifullah Idris M Ag.

Sebelum menabuhkan rapai, terlebih dahulu Prof Suyitno menyampaikan sambutan, Aceh tidak hanya dijuluki sebagai Serambi Mekkah, tapi Aceh juga dapat dijuluki sebagai Serambi Ilmu Pengetahuan. Atas dasar inilah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dipilih sebagai sebagai tuan rumah OASE PTKI yang pertama.

“OASE PTKI pertama ini harus dimulai dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, karena Aceh adalah tempat yang melahirkan para ulama-ulama besar dengan segala kecendikiawanannya, siapa yang tidak mengenal Syekh Naruddin Ar-Raniri, Syekh Abdurrauf As-Singkili, Hamzah Fansuri, dan banyak Ulama besar lainnya. Maka, dengan pelaksanaan OASE perdana ini di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Insya Allah nantinya, Aceh akan kembali menjadi kiblat ilmu pengetahuan untuk Indonesia dan Dunia”. Ujarnya

Di samping itu Suyitno mengatakan, hadirnya OASE PTKI ini, sebagai sarana strategis tradisi riset dan kajian keilmuan berbasis keagamaan demi kejayaan Islam. Dan, kita patut bersyukur kepada Allah SWT, di masa pandemi ini kita masih bisa melaksanakan kegiatan ini. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kita tidak boleh lengah dengan pandemi yang seperti ini. Tambah Suyitno.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr. Warul Walidin, AK., M.A. saat memberikan kata sambutan

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Warul Walidin mengatakan dalam sambutannya, OASE merupakan bentuk transformasi dari kegiatan yang semula bernama Pekan ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang kemudian dikembangkan menjadi dua event, yaitu OASE dan Pekan Seni Olahraga Nasional (PESONA).

Sebelumnya, UIN Ar-Raniry juga dipercayakan menjadi tuan rumah PIONIR. Kemudian sekarang kembali dipercayakan menjadi tuan rumah untuk kegiatan OASE PTKI Pertama. Ini sungguh luar biasa, dan merupakan sebuah kehormatan serta keistimewaan yang diberikan oleh Kementerian Agama RI kepada Kampus Jantong Hate Rakyat Aceh. Ungkap Warul Walidin

Lebih lanjut Warul mengatakan, pelaksanaan kegiatan OASE PTKI I se-Indonesia Tahun 2021, dapat menyediakan ajang kompetisi dalam bidang agama, sains, dan riset, bagi mahasiswa PTKI secara nasional. Kompetisi ini juga sebagai upaya integrasi dalam menumbuh kembangkan motivasi belajar, kreativitas, dan daya saing mahasiswa untuk berprestasi, semangat kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Di sisi lain, pelaksanaan OASE PTKI I se IndonesiaTahun 2021 adalah sebagai upaya meningkatkan memotivasi mahasiswa di bidang intelektual dan spiritual berdasarkan nilai keislaman yang diwujudkan dalam kemampuan analisis, nalar dan kemampuan menyelesaikan masalah. Serta, meningkatkan daya kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis agama. Tutur Rektor UIN Ar-Raniry.

2,071 Comments