BeritaSerba-serbi

24 Tim Lomba Debat Ilmiah OASE PTKI I se-Indonesia 2021 Masuk Final, Siapa Saja?

Oase.ar-raniry.ac.id, Banda Aceh – Lomba Debat Ilmiah adalah salah satu bidang lomba yang diperlombakan pada ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE) PTKI I se-Indonesia 2021.

Acara yang dipusatkan di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini, sedang berlangsung dari 23 Oktober hingga 28 November 2021.

Hal ini disampaikan Dr. Saifullah Idris, S. Ag M. Ag, Ketua Panitia OASE PTKI I se-Indonesia 2021, Rabu 17 November 2021.

Menurutnya, bidang lomba debat Ilmiah memiliki tiga cabang lomba yakni, cabang lomba debat Bahasa Arab, cabang lomba Debat Bahasa Inggris, dan cabang lomba Debat Konstitusi.

Sesuai dengan pengumuman yang telah dipublis panitia pelaksana melalui web resmi OASE pada 15 November 2021, ketiga cabang lomba tersebut telah mamasuki babak final.

Lebih lanjut, Saifullah menyampaikan, pada babak final, sebanyak 24 Tim dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta (PTKIN dan PTKIS) berhasil meloloskan wakilnya.

24 Tim tersebut terdiri dari 8 Tim cabang lomba Debat Bahasa Arab, 8 Tim cabang lomba Debat Bahasa Inggris, dan 8 Tim cabang lomba Debat Konstitusi.

Namun, sebelum memasuki babak final, terlebih dahulu ketiga cabang lomba Debat Ilmiah yang diikuti oleh 205 Tim terdiri dari 67 Tim cabang Lomba Debat Bahasa Arab menyisihkan 35 Tim ke babak semifinal. 69 Tim cabang lomba Debat Bahasa Inggris menyisihkan 37 Tim ke babak semifinal, dan 69 Tim cabang lomba Debat Kontitusi menyisihkan 53 Tim ke babak final.

“Jadi, pada babak semifinal yang telah dilaksanakan pada 6-13 November, jumlah Tim yang berhasil mengikuti babak semifinal adalah 32 Tim cabang lomba Debat Bahasa Arab, 32 Tim cabang lomba Bahasa Inggris, dan 16 Tim cabang lomba Debat Konstitusi,” sebut Saifullah.

Dengan demikian, kata dia, babak final nantinya akan diikuti oleh masing-masing 8 Tim dari 3 cabang Lomba Debat Ilmiah yang diperlombakan pada ajang OASE ini secara daring melalui meeting zoom. Sementara itu, jadwal pertandingan babak final dijadwalkan pada 25 -28 November 2021 yang berpusat di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Adapun daftar nama Tim yang berhasil memasuki babak final Lomba Debat Ilmiah adalah sebagai berikut:

Cabang lomba Debat Bahasa Arab: Sekolah Tinggi Bahasa Arab Ar-Rayah Sukabumi,UIN Alauddin Makassar,UIN Ar-Raniry Banda Aceh,UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cabang lomba Debat Bahasa Inggris: IAIN Kediri, IAIN Kerinci, IAIN Palopo, UIN Alauddin Makassar, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sunan Ampel, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cabang lomba Debat Konstitusi: IAIN Ponorogo, UIN Alauddin Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

664 Comments