BeritaSerba-serbi

Inilah Hasil Babak Penyisihan OASE PTKI I Se-Indonesia 2021

Oase.ar-raniry.ac.id, Banda Aceh – Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) I se-Indonesia 2021 sedang digelar. Pergelaran OASE PTKI yang pertama ini dipusatkan di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada 24 Oktober s/d 28 November 2021.

Ketua Panitia Pelaksana Dr Saifullah Idris S Ag M Ag menyampaikan, sebanyak 23 (dua puluh tiga) cabang lomba dari 8 (delapan) bidang lomba diperlombakan pada ajang ini. Peserta yang mengikuti sebanyak 2.955 peserta dari 184 Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di seluruh Indonesia. dari

“Untuk saat ini, ada 20 (dua puluh) cabang lomba dari 6 (enam) bidang perlombaan sudah melaksanakan tahap penyisihan yang sudah dilaksanakan sejak 28-29 Oktober 2021”.

20 cabang perlombaan yang dimaksud adalah lomba Bidang Debat Ilmiah yang terdiri dari cabang Lomba Debat Bahasa Arab meloloskan 32 (tiga puluh dua) Tim, cabang lomba Debat Bahasa Inggris meloloskan 32 (tiga puluh dua) Tim, dan cabang lomba Debat Kontitusi meloloskan 16 (enam belas Tim) Tim. Terang Saifullah

Lebih lanjut, Saifullah menyebutkan, lomba Bidang Karya Inovatif terdiri dari 11 (sebelas) cabang lomba ikut meloloskan 10 (sepuluh) Tim setiap cabang lomba. Cabang lomba yang dimaksud adalah cabang lomba Astronomi dan Ilmu Falak, cabang lomba Desain dan Arsitektur Islami, cabang lomba Deteksi dan Mitigasi Bencana, Iklim Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan, cabang lomba Karya Tulis Al-Quran, cabang lomba Literasi dan Inovasi Teknologi,cabang lomba Media pembelajaran,cabang lomba Nanoteknologi, cabang lomba Produk Halal dan Ketahanan Pangan, cabang lomba Robotik dan Progamming, dan cabang lomba Sosial keagamaan.

Kemudian, cabang lomba Qiraatul Qutub Putra dan Putri lomba meloloskan 40 (empat puluh) Peserta, masing-masing 20 (dua puluh) Peserta Putra dan 20 (dua puluh) Peserta Putri. Lalu, lomba Bidang Story Telling meloloskan 30 (tiga puluh) peserta. Ungkap Saifullah.

Selanjutnya, lomba Bidang Business Plan meloloskan 10 (sepuluh) Tim, dan terakhir adalah cabang lomba Da’I Mahasiswa Putra dan Putri yang meloloskan 60 peserta, masing-masing 30 (tiga puluh) peserta Pria dan 30 peserta Putri.

Sementara itu, Saifullah menyampaikan. Untuk dua bidang lomba yakni bidang Fahmil Qu’ran dan bidang Sains yang terdiri dari cabang lomba Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia, akan dilaksanakan dengan system CBT (Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer) pada 8 dan 9 November 2021.

Untuk itu, bagi setiap peserta dari lomba Bidang Debat Ilmiah, Bidang Qiraatul Qutub, Bidang Story Telling, Bidang Business Plan, dan lomba Bidang Da’I Mahasiswa berhak memasuki babak semifinal yang dijadwalkan mulai 6 s/d 13 November 2021. Sedangkan, khusus bagi peserta dari lomba Bidang Karya Inovasi langsung mengikuti babak final dengan cara presentasi dengan cara membawa produk inovasi hasil karya-karyanya di UIN Ar-Raniry pada 25 s/d 28 November 2021. Tambah Saifullah

Namun demikian, untuk mengetahui nama-nama peserta atau nama PTKI yang berhasil melaju ke tahap semifinal dan final, dapat diakses langsung web resmi https://oase.ar-raniry.ac.id/. Tutup Saifullah yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiwaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry banda Aceh. (*)

1,733 Comments